Sabtu, 25 Agustus 2012

Amal dan Ikhlas

Jenis dan kualitas amal (dlm pengertian ibadah) sangat beragam karena kondisi spiritual/hati yang Tuhan berikan juga beragam (Qs. 92:4, 43:32, 6:165, 17:84). Untuk itu beramal lah sesuai dengan kemampuan masing-masing, sedikit tapi tetap istiqamah dan tingkatkan terus menerus.

Amal tdk bisa dipisahkan dari ikhlas, amal tanpa keikhlasan tidak akan berbuah kebaikan bahkan percuma. Jika dianalogikan bahwa amal adalah tubuh/jasad maka ikhlas adalah ruh nya. Tugas kita adalah menjaga keikhlasan dengan selalu meminta pertolongan Tuhan, memelihara kedekatan dengan Nya dan meluruskan niat. Fokuslah hanya kepada Tuhan bukan kepada amal yang dilakukan karena tanpa kuasa dan kehendak Tuhan manusia tidak dapat melakukan amal ibadah. Seringnya kita adalah mengesampingkan Tuhan dengan berfokus kepada pahala dari setiap perbuatan baik yag kita lakukan. Padahal jika amal dilakukan dengan ikhlas sudah barang tentu pahala akan mengalir.

Sandarkanlah setiap amal perbuatan yang dilakukan hanya karena Sang Pemilik Kehidupan, bukan kepada amal perbuatannya itu sendiri bahkan kepada pahalanya semata, disitulah letak kesadaran keikhlasan dimulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar