Selasa, 27 Januari 2009

Sekilas Tentang Teknik Industri UPI Y.A.I

Jurusan Teknik Industri Universitas Persada Indonesia Y.A.I (UPI Y.A.I) didirikan pada tahun 1994 dan berada di bawah Fakultas Teknologi Industri. Pada awal berdirinya jurusan ini belum memiliki ketua jurusan secara definitif sehingga operasional jurusan sehari2 ditangani oleh Sekretaris Jurusan : Eka Rakhmat Kabul dan Kepala Laboratorium : Iswan Almy, sehingga kedua orang inilah dianggap sebagai pendiri jurusan Teknik Industri di UPI Y.A.I, sementara itu sebagai pembinanya adalah 2 orang pakar Teknik Industri di Indonesia yaitu DR. Ir. Iftikar Z. Sutalaksana (masih menjadi pembina hingga saat ini) dan Prof. DR. Ir. Mathias Aroef, MSIE (sekarang non aktif). Jumlah mahasiswa angkatan pertama sebanyak 40 orang, dengan dosen sebanyak 5 orang. Kurikulum 1994 mengarah kepada manajemen industri sesuai dengan nama program studinya pada saat itu Teknik & Manajemen Industri. Saat awal berdiri tersebut kedudukan jurusan Teknik Industri beralamat di Kampus LPT Y.A.I Jl. Biru Laut Timur Kelapa Gading Jakarta Utara

Dalam perkembangannya ternyata jurusan ini mendapat sambutan yang sangat baik oleh masyarakat sehingga jumlah mahasiswa kian bertambah setiap angkatannya yang terdiri dari kelas reguler pagi dan kelas reguler sore yang biasanya diikuti oleh karyawan/pegawai pemerintah maupun swasta. Seiring dengan perkembangan itu maka pada tahun 1997 diangkat pejabat jurusan secara definitif yaitu Eka Rakhmat Kabul (Ketua Jurusan), Iswan Almy (Sekretaris Jurusan) dan Syofyan Siregar (Kepala Laboratorium). Kurikulum pada tahun 1997 berubah arah menjadi Tekno Ekonomi dan sesuai kesepakatan Forum Badan Kerjasama Program Studi Teknik Industri Se-Indonesia nama jurusan kembali kepada nama awal pada saat berdirinya jurusan Teknik Industri di Indonesia pada tahun 1971 yaitu Teknik Industri hingga saat ini. Pada tahun ini pula kampus berpindah alamat ke Jl. Salemba Raya No. 7 - 9A Jakarta Pusat hingga saat ini.

Pada tahun 1999 terjadi pergantian personil untuk sekretaris jurusan dari Iswan Almy kepada Al Ikbal Arbi. Beberapa dosen melanjutkan studi ke jenjang S.2 dan S.3.

Tahun 2000 melihat prestasi dan perkembangannya, pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional melalui Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan akreditasi pada jurusan Teknik Industri UPI Y.A.I dengan peringkat sangat baik.

Pada tahun 2001, jabatan sekretaris jurusan dipercayakan kepada Fajar Kurniawan.

Tahun 2002 terjadi rotasi personil secara di jurusan Teknik Industri yaitu Al Ikbal Arby (Ketua Jurusan), Syofyan Siregar (Sekretaris Jurusan) dan Fajar Kurniawan (Kepala Laboratorium & Studio), sementara itu Eka Rakhmat Kabul menjadi sebagai Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri. Pada tahun yang sama, kurikulum juga berubah dimana saat itu kurikulum diarahkan pada Tekno Ekonomi khususnya Industri Kecil dan Menengah.

Pada tahun 2004, laboratorium Teknik Industri mengalami perubahan yang sangat signifikan dimana materi praktikum berubah total dari yang tadinya terdiri dari praktikum2 yang sifatnya terpisah menjadi praktikum yang lebih terintegrasi sehingga menyerupai model sistem industri yang sesungguhnya. Pada tahun ini juga ada penggantian pimpinan jurusan yaitu Diah Pramestari (Ketua Jurusan); Henni (Sekretaris Jurusan) dan Al Ikbal Arbi (Kepala Laboratorium &Studio).

Tahun 2007, sesuai dengan perkembangan keilmuan dan permintaan pasar, Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan (FTSP) beubah menjadi Fakultas Teknologi Informasi (FTI) serta Fakultas Teknologi & Desain (FTD), sehingga jurusan Teknik Industri ikut bergabung di bawah FTD, pejabat jurusan tetap sama hanya Eka Rakhmat Kabul sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik yang baru di FTD sekaligus merangkap sebagai Kepala Unit Penjaminan Mutu FTD dan Wakil Koordinator LPT Y.A.I Bidang Akreditasi dan Program Studi LPT Y.A.I. 


Dan pada tahun 2008, beberapa dosen mendapatkan beasiswa untuk S.2 dan S.3, diantaranya Eka Rakhmat Kabul menempuh pre-doctoral di Universiti Sains Malaysia bidang Management of Technology dan menyelesaikan pendidikan doctoralnya pada program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta dengan keahlian khusus pada Produktivitas dan Sistem Keselamatan Kerja. Dan setelah itu diangkat menjadi Wakil Rektor III Bidang Penjaminan Mutu merangkap Direktur Pusat Penjaminan Mutu Universitas Persada Indonesia YAI dan Wakil Koordinator Bidang Pengembangan Akademik, Akreditasi dan Sertifikasi Institusi LPT Y.A.I, sementara personil jurusan yang lain tetap

Saat ini jurusan Teknik Industri UPI Y.A.I memiliki lebih dari 400 orang mahasiswa, 24 orang dosen tetap dan 15 dosen tidak tetap serta 17 orang tenaga pendukung administrasi dan lain2. Seluruh dosen yang mengajar memiliki pendidikan S.2 dan atau S.3, dan 6 orang diantara dosen-dosen yang ada sudah mendapatkan Sertifikasi Dosen Nasional. Peralatan laboratorium yang dimiliki terdiri atas mesin2 produksi (milling, lathe, dll), perancangan kerja & ergonomi (anthropometri chair, hand dynamometer, push pull dynamometer, dll) serta software2 aplikasi (manequin, quant system, expert choice, dll).

Alumni Teknik Industri UPI Y.A.I saat ini tersebar di seluruh nusantara baik di instansi pemerintah maupun swasta dan beberapa diantara alumni ada yang bekerja di luar negeri (USA,Singapore, Australia, Canada, dll) dan beberapa orang diantara alumni sukses menjadi wirausaha.

Organisasi kemahasiswaan dan alumni yang ada jurusan Teknik Industri UPI Y.A.I adalah HIMMATRI (Himpunan Mahasiswa Teknik Industri) dan IKATRI (Ikatan Alumni Teknik Industri).


Saat ini Ketua Prodi Tekni Industri UPI YAI adalah Henni Bermawi. Dan sesuai dengan kebijakan universitas, Fakultas Teknologi &Desain (FTD) merger dengan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) menjadi Fakultas Teknik (FT). Kurikulum saat ini mengembangkan kekhususan pada bidang production system, logistic & distribution system dan industrial management system.

Jaya terus Teknik Industri UPI YAI ... !!!!!!

1 komentar:

  1. Asslm pak eka ....
    Saya murid bapak angkatan 96. Sy berterima kasih krn berkat bantuan dosen2 UPI YAI khususnya jurusan teknik industri sy bs mencapai cita2. Setelah membaca blog ini sy tertarik untuk menjadi dosen di almamater tercinta. Apakah bisa pak? Kalau bisa apa syaratnya. Hatur nuhun pak eka. Salam Andr i Yoshana. Email : andri.yoshana@sbm-itb.ac.id

    BalasHapus